Tugas 8 APSI : Data Modelling

Nama : Mohammad Ahnaf Fauzan

NRP : 5025211170

Kelas : APSI E

Data Modelling Layanan Streaming Netflix

Data Modelling merupakan proses penyederhanaan suatu data menjadi informasi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan bisnis. Data modelling akan mengumpulkan data tersebut dan disusun dalam diagram sederhana yang berisikan jenis data, klasifikasi, atribut, serta alur hubungan antar data.

a. Data Flow Diagram / DFD
    DFD merupakan representasi grafik dari sebuah sistem. DFD menggambarkan komponen-komponen sebuah sistem, aliran-aliran data diantara komponen-komponen tersebut, asal, tujuan dan penyimpanan dari data tersebut. Untuk case layanan streaming netflix tampilan DFD kurang lebih seperti ini :






b. Conceptual Data Model / CDM
    CDM merupakan  suatu desain konsep utama dari suatu database yang menghubungkan antar tabel. Biasanya ini adalah sebuah model awal sebelum dijadikan konsep database yang asli. berikut bentuk CDM untuk layanan streaming netflix :




c. Logical Data model
    Pemodelan data logis adalah proses mewakili arsitektur data dan organisasi secara grafis tanpa memperhatikan implementasi fisik atau teknologi sistem manajemen basis data yang terlibat dalam menyimpan data. Model data logis memberikan semua informasi tentang berbagai entitas dan hubungan antara entitas yang ada dalam database. untuk bentuk logical data model dari layanan streaming netflix seperti ini :

d. Physical Data Model
        Physical Data Model atau PDM adalah sebuah model skema yang berfungsi untuk mengimplentasikan Conceptual Data Model atau konsep pertama sebuah basis data agar siap di implementasikan menjadi basis data yang sebenarnya. Dalam tahapan tersebut hal ini perlu dilakukan untuk proses konsep sebuah model basis data.

untuk bentuk PDM dari layanan streaming netflix seperti dibawah :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS APSI

ETS